BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Media telah dikenal sebagai alat bantu mengajar baik pada
jenjang persekolahan maupun diklat yang seharusnya dimanfaatkan oleh guru atau
instruktur, namun seringkali terabaikan. Tidak dimanfaatkannya media dalam
proses pembelajaran dan pelatihan, pada umumnya disebabkan oleh berbagai
alasan, seperti waktu persiapan mengajar terbatas, sulit mencari media yang
tepat, biaya yang tidak tersedia, atau alasan lain. Hal tersebut sebenarnya
tidak perlu muncul apabila pengetahuan akan ragam media, karakteristik, serta
kemampuan masing-masing diketahui oleh para instruktur. Media sebagai alat
bantu mengajar, berkembang sedemikian pesatnya sesuai dengan kemajuan
teknologi.
Semoga media pembelajaran berbasis presentasi ini bisa dilakasanakan
oleh semua pendidik meskipun sebagian besar tenaga pendidik masih ada yang
belum bisa membuat media berbasis presentasi tapi setidaknya bisa menerapkan
media berbasis presentasi di kelas yang telah di sediakan supaya siswa juga
lebih tertarik mengikuti pembelajaran. Selama ini kebanyakan tenaga pendidik
masih menggunakan papan tulis sebagai media pembelajaran setiap menyajikan
pelajaran, tapi dengan adanya media pembelajaran berbasis presentasi ini semoga
semua guru-guru di Indonesia bisa menerapkan baik dalam proses pembelajaran
maupun dalam melakukan presentasi-presentasi yang lain seperti seminar,
presentasi laporan, dll.
Presentasi adalah salah satu aktivitas yang tidak bisa
dilepaskan dari hampir semua bidang pekerjaan saat ini. Presentasi dilakukan
pada rapat-rapat rutin, rapat kerja, atau rapat tim dan panitia. Presentasi
dilakukan pada saat penyampaian proposal kerja ataupun laporan hasil pekerjaan
tersebut. Presentasi produk untuk melakukan penjualan. Guru mengajar dan dosen
memberikan kuliah pada prinsipnya adalah presentasi.
Dengan adanya media
presentasi ini, harapan yang tidak pernah sirna dan
selalu guru tuntut adalah bagaimana bahan pelajaran yang disampaikan guru dapat
dikuasai anak didik secara tuntas. Ini merupakan masalah yang cukup sulit yang
dirasakan oleh guru. Kesulitan itu dikarenakan anak didik bukan hanya sebagai
individu dengan segala keunikannya, tetapi mereka juga sebagai makhluk social
dengan latar belakang yang berbeda. Paling sedikit ada tiga aspek yang
membedakan anak didik satu dengan yang lainnya, yaitu aspek intelektual,
psikologis, dan biologis.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa yang dimaksud
dengan media pembelajaran
2.
Apa saja
jenis-jenis media pembelajaran
3.
Apa yang dimaksud
dengan media pembelajaran berbasis presentasi?
4.
Apa tujuan dan
manfaat media pembelajaran berbasis presentasi?
5.
Apa kelebihan dan
kelemahan media pem,belajaran berbasis presentasi?
6.
Bagaiamana prosedur
pemanfaatan media pembelajran berbasis presentasi dalam proses pembelajaran?
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.
Pengertian Media
Pembelajaran
Media
adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1997). Kata
media merupakan bentuk jamak dari kata medium. Medium dapat didefinisikan
sebagai perantara atau pengantar terjadinya komunikasi dari pengirim menuju
penerima (Heinich et.al., 2002; Ibrahim, 1997; Ibrahim et.al., 2001).
Media
merupakan salah satu komponen komunikasi, yaitu sebagai pembawa pesan dari
komunikator menuju komunikan (Criticos, 1996). Berdasarkan definisi tersebut,
dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran
merupakan proses komunikasi. Proses pembelajaran mengandung lima komponen
komunikasi, guru (komunikator), bahan pembelajaran, media pembelajaran, siswa
(komunikan), dan tujuan pembelajaran. Jadi, media pembelajaran
adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk
menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang
perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk
mencapai tujuan belajar.
Media pembelajaran adalah sebuah
alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran dan informasi dari sumber (guru)
menuju penerima (siswa).
B.
Jenis – Jenis Media Pembelajaran
1.
Media hasil teknologi cetak teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi, seperti
buku dan materi visual statis terutama melalui
prosespercetakan mekanisatau photografis.
Kelompok media hasil teknologi
cetak antara lain: teks, grafik, foto atau
representasi fotografik. Karakteristik
media hasil cetak:
a.
Teks dibaca secara linear
b.
Menampilkan komonikasi secarasatu arah dan reseptif
c.
Ditampilkan secara statis atau diam
d.
Pengembangannya sangat tergantung kepada prinsip-prinsip
pembahasan
e.
Berorientasi atau berpusat pada siswa.
Pendekatan yang berorientasi pada
siswa adalah pendekatan dalam belajar yang ditekankan pada ciri-ciri dan
kebutuhan siswa secara individual. Sedang lembaga pendidikan dan para pengajar
berfungsi dan berperan sebagai penunjang saja. Sistem pendekatan yang berorientasi
pada siswa ini didesainsedemikian rupa. Sehingga siswa dapat belajardengan
sistem yang luwes yang diarahkan agar siswa dapat membenntuk gaya belajarnya
masingmasing. Dalam hal ini guru dan lembaga berperan sebagai penunjang,
fasilitator dan semangat pada siswa yang sedang belajar.
f.
Informasi dapat diatur atau ditata ulang oleh pemakai.
2. Media hasil
teknologi audio-visual
Teknologi audi-visual cara menyampaikan materi dengan menggunakan
mesin-mesin mekanis dan elektronis untuk menyajikan pesan-pesan audio-visual
penyajian pengajaran secara audio-visual jelas bercirikan pemakaian perangkat
keras selama proses pembelajaran, seperti , mesin proyektor film, tape
rekorder, proyektor visual yang lebar.
Karakteristik:
a.
Bersifat linear
b.
Menyajikan visual yang dinamis
c.
Digunakan dengan cara yang telah ditentukan sebelumnya oleh
perancang
d.
Merupakan representasi fisik dari gagasan real atau abstrak
e.
Dikembangkan menurut prinsip psikologis behafiorisme dan
kognitif
f. Berorientasi
pada guru
Pendekatan yang berorientasi pada guru atau lembaga adalah sistem
pendidikan yang konfensional dimana hampir seluruh kegiatan pembelajaran
dikendalikan penuh oleh para guru dan staf lembaga penndidikan. Dalam sistemini
guru mengkomunikasikan pengethuannya kepada siswa dalam bentuk pokok bahasan
dalam beberapa macam bentuk silabus. Biasanya pembalajaran berlangsung dan
selesai dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan metode mengajar yang dipakai
tidak beragam bentuknya, biasanya menggunakan metode ceramah dengan pertemuan
tatap muka (face to face)
3.
Media hasil teknologi yang berdasarkan computer
Teknologi berbasis computer merupakan cara menghasilka atau
menyampaikanmateri dengan menggunakan sumber-suber yang berbasis
micro-prosesor. Berbagai aplikasi teknologi berbasiskomputer dalampembelajaran
ummumnya dikenalsebagai computer assisted instruction. Aplikasi tersebut
apabila dilihat dari cara penyajiandan tujuan yang ingin dicapai melipiti
tutorial,penyajian materi secara bertahap, drills end practice latihan untuk
membantu siswa menguasai materi yang telah dipelajari sebelumnya, permainan dan
simulasi(latihanuntukmengaplikaskan pengetahian dan keterampiln yangbaru
dipelajari dari, dan basis data(sumber yang dapat membantu siswa menambahh
informasi dan penegtahuan sesuai dengan keinginan masing-masing )
v Karakteristik
media hasil teknologi yang berdasarkan computer:
1. Dapat
digunakan secara acak, non-sekuensial atau secara linear
2. Dapat
digunakan sesuai keinginan siswa atau perancang
3. gagasan
disajikan dalam gaya abstrak dengan simbol dan grafik
4. Prinsip-prinsip
ilmu kognitif untuk mengembangkan media ini
5. Beroriatasi
pada siswa dan melibatkan interaktifitas siswa yang tinggi
4.
Media hasil gabungan tenologi cetak dan teknologi computer
Teknologi
gabungan adalah cara unntukmenghasilkan dan menyampaikan materi yang
menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang dikendalikan komputer.
Komputer yang memiliki kemampuan yang hebat seperti jumlah random akses memori
yang besar, hard disk yang besar, dan monitor yang beresolusi tinggi ditambah
dengan pararel(alat-alat tambahan), seperti: vidio disk player, perangkat keras
untuk bergabung dalam suatu jaringan dan sistem audio.
a.
Dapat digunkan secara acak, sekuensial, linear
b.
Dapat digunakan sesuai keinginan siswa, bukan saja dengan
direncanakan dan diinginkan oleh perancangnya
c. Gagasan
disajikan secara realistik sesuai dengan pengalaman siswa, menurut apa yang
relefan dengan siswa dan dibawah pengendalian siswa
d. Prinsip ilmu
kognitif dan konstruktifisme ditetapkan dalampengembangan dan
penggunaanpelajaran
e. Pembelajaran
ditata dan terpusat pada lingkup kognitif sehingga pengetahuan dikuasai jika
pengetahuan itu digunakan.
f. Bahan-bahan
pelajaran melibatkan interaktif siswa
g. Bahan-bahan
pelajaran memadukan kata dan visual dari berbagai sumber.
Selain
pembagian itu ada lagi pembagian media pembelajaran menurut jenis, daya liput,
dan bahannya.
1. Dilihat dari
jenisnya, media terbagi menjadi:
a. Media
auditif
Media yang hanyamengandalkan suara saja seperi radio,kaset rekoorder,
peringan hitam.media ini tidak cocok untuk orang tuli atau mempunyai kelainan
pendengaran
b. Media visual
Media yang hanya mengandalkan indera penglihatan. Media ini ada yang
menampilkan gambar diam seperti film strip, slides, foto, gambar atau lukisan,
dan cetakan. Ada pula yang menampilkan gambar atau simbol yang bergerak seperti
film bisu, dan film kartun.
c. Media audio
visual
Media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunya
kemampuan yang lebih baik karena meliputi kedua jenis media yang pertama dan
kedua.
v Media ini
dibagi dalam:
1) Audio visual murni yaitu baik unsur suara
maupun unsur gambar derasal dari satu sumberseperti video kaset.
2) Audio visual tidak murni yaitu unsur suara dan
unsur gambarnya berasal dari sumber yang berbeda. Misalnya filmbingkai suara
yang unsur gambarnya berasal dari slides proyektor dan unsur suaranya berasal
dari tape recorder.
2. Dilihat dari
daya liputnya, media terbagi menjadi:
a.
Media dengan daya liput luas dan serentak
Penggunaan media ini tidak terbatas oleh tempat dan ruang serta dapat
menjangkaujumlah anak didik yang banyak dalam waktu yang sama.seperti radio dan
televisi serta internet.
b.
Media dengan daya liput terbatas oleh ruang dan tempat
Media ini dalam penggunaannya membutuhkan ruang dan tempat yang khusus
seperti film sound slides film rangkai, yang harus menggunakan empat
tertutupdan gelap.
c. Media untuk
pembelajaran invidual
Media ini penggunaannya hanya untuk seorang diri.termasuk media ini adalh
modul berprogram dan pengajaran melalui komputer.
3. Dilihat dari
bahan-bahannya, media terbagi menjadi:
a. Media
sederhana
Media ini bahan dasarnya mudah diperoleh dan harganya murah, cara
pembuatannya mudah, danpenggunaannya tidak sulit.
b. Media
kompleks
Media ini adalah media yang bahan dasarnya kompleks sulit didapat serta
mahal harganya, sulit membuatnya, dan penggunaanya memerlukan keterampilan yang
memadai.
C.
Pengertian
Media Berbasis Presentasi
Media presentasi adalah pesan atau
materi yang akan disampaikan dikemas dalam sebuah program komputer dan
disajikan melalui perangkat alat saji atau proyektor.biasanya materi yang
disajikan berupa teks,gambar,animasi dan video yang digabung dalam kesatuan
yang utuh.
Berkat keefektifannya dalam penyajian
pesan,maka saat ini media presentasi banyak diaplikasikan untuk keperluan
pendidikan dan pembelajaran.Tentu saja ini bukan berarti bahwa media presentasi
merupakan media paling cocok untuk semua materi dan topik pembelajaran.
Presentasi
merupakan salah satu metode pernbelajaran. Penggunaannya yang menempati
frekuensi paling tinggi dibandingkan dengan metode lainnya. Berbagai alat yang
dikembangkan, telah memberikan pengaruh yang sangat basar bukan hanya pada
pengembangan kegiatan praktis dalam kegiatan presentasi pembelajaran akan
tetapi juga pada teori-teori yang mendasarinya. Perkembangan terakhir pada
bidang presentasi dengan alat bantu komputer telah menyebabkan perubahan
tuntutan penyelenggaraan pembelajaran. Di antaranya tuntutan terhadap
peningkatan kemampuan dan keterampilan para guru dalam mengolah bahan-bahan
pembelajaran ke dalam media presentasi yang berbasis komputer.
Ketrampilan
melakukan presentasi adalah salah satu modal untuk berhasil dalam bekerja.
Tidak jarang keberhasilan suatu pekerjaan ditentukan oleh keberhasilan
melakukan presentasi. Dalam sebuah rapat panitia misalnya, kepiawian
mengkoordinasikan tim panitia sebagian ditentukan oleh ketrampilan presentasi.
Mempelajari bagaimana melakukan presentasi yang efektif akan sangat membantu
dalam melakukan pekerjaan.
Salah
satu program aplikasi yang handal untuk membuat presentasi adalah MS
PowerPoint. PowerPoint salah satu anggota keluarga dari Microsoft Office dalam
OS Windows. Sejak pertama kali Windows dilucurkan (Windows 1.1), PowerPoint
sudah disertakan. Versi terbaru dari PowerPoint adalah MS PowerPoint 2003.
PowerPoint 2003 jauh lebih canggih dari pada nenek moyang PowerPoint generasi
pertama yang akan dijelaskan nanti.
Menguasai
program PowerPoint akan sangat membantu dalam melakukan presentasi. PowerPoint
banyak memiliki kemampuan dan fasilitas. Semua kemampuan dan fasilitas
PowerPoint tersebut harus didayagunakan secara optimal agar presentasi berjalan
efektif. Makalah ini akan menjelaskan bagaimana melakukan presentasi yang
efektif dengan menggunakan PowerPoint .
a.
Aplikasi yang digunakan.
Sekarang sudah banyak penggunaan
presentasi multimedia.contohnya perangkat lunak software yang digunakan untuk
membuat media presentasi dan banyak jenis software yang harus dibeli atau
didapat misalnya:program visual basic,makromedia flash, direktor, authorware,
dream weaver dan masih banyak lagi.Naa diantara banyak jenis software tersebut,
salah satunya biasa digunakan dikalangan pendidik khususnya guru adalah microsoft
powerpoint.
b.
Prinsip pengembangan media presentasi untuk pembelajaran.
Beberapa prinsip berikut perlu anda
pertimbangkan ketika akan mengembangkan media presentasi:
Ø
Harus dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan
instruksional.
Ø
Harus diingat bahwa media presentasi
berfungsi sebagai alat bantu mengajar.
Ø
Pengembangan media presentasi seyokyanya mempertimbangkan
atau menggunakan secara maksimal segala potensi dan karakteristik yang dimiliki
oleh jenis media presentasi itu.
Ø
Prinsip kebenaran materi dan kemenarikan sajian.Materi
yang disajikan harus benar substansinya dan disajikan secara menarik.
c.
Teknis penulisan naskah pada media presentasi.
Kegiatan yang kita lakukan pada saat
menulis naskah media presentasi adalah mengurangi materi-materi pokok sesuai
dengan tujuan yang telah ditentukan.Agar materi tersebut dapat dituangkan
kedalam media presentasi dengan baik,adapun beberapa teknis yang harus
diperhatikan antara lain:
v
Tetukan topik sesuai dengan materi yang disampaikan.
v
Siapkan materi yang sesuai dengan tujuan yang telah
ditentukan.
v
Identitas bahan-bahan tersebut untuk diseleksi mana yang
sesuai dengan karakteristik media presentsi.
v
Tuangkanlah pesan-pesan yang akan disajikan dalam bentuk
teks(kata-kata), gambar, animasi dan lain-lain.
v
Pastikan bahwa materi yang ditulis telah cukup
lengkap,jelas dan mudah dipahami oleh peserta.
v
Sajikan isi materi secara berurut dan sistematis agar
mempermudah penyajian dan pesan mudah dipahami.
d.
Langkah-langkah pembuatan media
presentasi.
Langkah-langkah pembuatan media
presentasi misalnya dengan menggunakan program aplikasi microsoft powerpoint XP
2003 adapun langkah-langkahnya:
1.
Membuka program.
2.
Mulai menulis.
3.
Memberi warna teks.
4.
Membuat animasi teks.
5.
Memberi background pada tampilan slide.
6.
Masukkan gambar dengan teknik insert.
7.
Masukkan video dengan teknik insert.
8.
Membuat hyperlink pada media
presentasi.
D.
Tujuan dan manafaat
presentasi
v
Tujuan media
berbasis presentasi adalah sebagai berikut
1.
Menginformasikan:
presentasi berisi informasi yang akan disampaikan kepada orang lain. Presentasi
semacam ini sebaiknya menyampaikan informasi secara detail dan jelas (clear)
sehingga orang dapat menerima informasi dengan baik dan tidak salah presepsi
terhadap informasi yang diberikan tersebut.
2.
Meyakinkan:
presentasi berisi informasi, data, dan bukti-bukti yang disusun secara logis
sehingga menyakinkan orang atas suatu topik tertentu. Kondradiksi dan
ketidakjelasan informasi dan penyusunan yang tidak logis akan mengurangi
keyakinan orang atas presentasi yang diberikan.
3.
Membujuk:
presentasi yang berisi informasi, data, dan bukti-bukti yang disusun secara
logis agar orang mau melakukan suatu aksi/tindakan. Presentasi dapat berisi
bujukan, atau rayuan yang disertai dengan bukti-bukti sehingga orang merasa
tidak ragu dan yakin untuk melakukan suatu tindakan.
4.
Menginspirasi:
presentasi yang berusaha untuk membangkitkan inspirasi orang.
5.
Menghibur:
presentasi yang berusahan untuk memberi kesenangan pada orang melalui informasi
yang diberikan.
v
Manfaat media
berbasis presentasi adalah sebagai berikut :
1.
Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis.
2.
Mengatasi keterbatasan ruang,waktu tenaga dan daya indra.
3.
Menimbulkan gairah belajar,interaksi lebih langsung
antara murid dengan sumber belajar.
4.
Memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan
kemampuan visual, auditori dan kinestetiknya.
5.
Memberikan rangsangan yang sama,mempersamakan pengalaman
dan menimbulkan persepsi yang sama.
6.
Proses pembelajaran mengandung lima komponen, guru
(komunikator), bahan pembelajaran, media pembelajaran, siswa (komunikan), dan
tujuan pengajaran.
E.
Kelemahan dan
kekurangan media presentasi
Pembuatan media presentasi sangat penting bagi para guru dalam proses
belajara – mengajar, guru tidak lagi harus, menulis di papan tulis melainkan
cukup dengan menampilkan media presentasinya yang telah dibuat di power point. Media presentasi memiliki kelebihan dan
kekurangan.
Kelebiahan media presentasi adalah :
1) Dapat
menyajikan teks, gambar, foto, animasi, audio dan video
sehingga lebih menarik;
2) Dapat
menjangkau kelompok banyak;
3) Tempo dan
cara penyajiannya bisa disesuaikan;
4) Penyajiannya
masih bisa bertatap muka;
5) Dapat
digunakan secara berulang-ulang.
6) Bahan materi-materinya mudah didapat dan pembuatannya
tidak terlalu rumit sehingga tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya
pembuatannya.
Kekurangan atau kelemahan media presentasi adalah
1) Ketergantungan
arus listrik sangan tinggi;
2) Media
pendukungnya (komputer dan LCD) cukup mahal;
3) Penggunaan
media ini sangat tergantung pada penyaji materi (penyaji harus menguasai betul
materinya);
4) Masih sangat
terbatas guru yang mampu membuat media presentasi.
5) Disajikan hanya dalam bentuk teks dan kebanyakan hanya
berbentuk animasi-animasi gambar saja.
F.
Prosedur Pemanfaatan Media Berbasis Presentasi dalam Proses
Pembelajaran.
Media berbasis
presentasi khususnya power point digunakan pada fase dua sampai fese ke empat
yang dilakukan pada kegiatan inti atau pada pertengahan pemebelajaran.
Media presentasi yang banyak digunakan saat ini adalah Presentasi
Power Point Ini adalah bentuk yang paling sederhana dan paling mudah
dan paling praktis sehingga paling banyak dipergunakan oleh kebanyakan
pembicara, baik pembicara seminar, workshop, dan juga
guru di kelas. Hendaknya, setiap guru paling tidak mempunyai kemampuan untuk
membuat materi ajar dalam bentuk presentasi Power Point
ini. Meskipun paling sederhana, Power Point memberikan fasilitas yang cukup
hebat untuk membuat media ajar.
Media
berbasis presentasi dalam proses pembelajran di gubakan pada setiap fase-fase pembelajran
yaitu pada kegiatan awal, kegiatan inti da kegiatan penutup. Contohnya pada
model pembelajaran direct intraction ( pembelajaran langsung).
Kegiatan awal :
Mengecek persiapan
siswa
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Guru memotivasi
siswa, caranya dengan menampilkan gambar yang sesuai dengan materi yang akan
diajarkan.
Kegiatan inti :
Mendemonstrasikan
pengetahuan
·
Guru menjelaskan
tentang materi yang akan diajarkan
Membimbing
pelatihan
·
Guru menampilkan
soal-soal yang akan diberikan kepada siswa supaya guru tidak lagi menulis di
papan tulis soal latihan tersebut.
Penutup :
Guru memberikan
tugas dirumah
·
Guru menampilkan
tugas-tugas rumah pada slide supaya siswa lebih cepat menyalin dan guru tidak
lagi capek menuliskan tugas- tugas tersebut.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat
diketahui bahwa media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk
menyampaikan pesan pembelajaran dan informasi dari sumber (guru)
menuju penerima (siswa). Sedangkan media berbasis presentasi adalah pesan atau materi yang akan disampaikan
dikemas dalam sebuah program komputer dan disajikan melalui perangkat alat saji
atau proyektor.biasanya materi yang disajikan berupa teks,gambar,animasi dan
video yang digabung dalam kesatuan yang utuh.
Salah
satu media berbasis presentasi yang paling sering digunakan baik dalam
presentasi kegiatan belajar maupun bekerja yaitu Power Point. Hal itu digunakan
Karen power point memiliki banyak keunggulan dalam kegiatan presentasi.
B.
Saran
1.
Pada makalah ini penulis tidak terlalu membahas tetntang
bagaimana cara pembuatan power point yang baik dan ccock untuk digunakan di
setiap kalangan, jadi semoga yang membuat makalah berikutnya dengan tema yang
sama bisa melengkapi makalah yang sudah kami buat.
DAFTAR PUSTAKA
Blossom, Cherry. 2012. Media
Pembelajaran.
http://ilmumahasiswa.com/media-pembelajaran-dan-jenis-jenisnya/
diunduh pada
tanggal 8 November 2013 pukul 18.00 WITA
http://slidemgrafison.blogspot.com/2008/10/presentasi-interaktif-dengan-pegelolaan.html diunduh pada
tanggal 8 November pukul 18:05 WITA.
http://belalangtue.wordpress.com/2010/07/01/hyperlink-pada-powerpoint/ diunduh pada
tanggal 8 November pukul 18:20 WIB.
Postingan Suryana, Sarna. 2009. Macam dan Jenis-Jenis Media Pembelajaran.
Postingan Zaku, Diana. 2 januari. Media Pembelajaran Berbasis Power Point.
lengkap dan rapi sekali kak
BalasHapussejarah alfamart