Selasa, 10 Desember 2013

Skenario Pembelajaran Momentum



MOMENTUM
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…
Baiklah pada hari ini, Ibu akan melanjutkan pelajaran kita yang telah lalu.
MOTIVASI :
Guru    : Coba perhatikan baik-baik !
Mengapa jika batu yang saya lemparkan ke kaca jendela, kerusakannya lebih parah daripada jika saya melempar bola ?
Mengapa pula bola yang ditendang dengan sangat keras, lebih sulit ditangkap  dari pada bola yang hanya dilempar ?
Apa yang menyebabkan hal tersebut bisa tersebut bisa terjadi ?
Nah, untuk mengetahuinya mari kita belajar tentang “ momentum ”.
Pernahkah kalian mendengar kata momentum ?
Siswa  : Pernah, Bu...
(memberi pertanyaan secara jelas dan singkat)
Guru     : Kalau begitu, apa itu momentum ? (Diam sejenak lalu menunjuk salah seorang siswa)
Siswa   : Tidak tahu, Bu… (bingung)
( Prasyarat dan menuntun pertanyaan)
Guru  : Pada pelajaran sebelumnya kalian telah mempelajari mengenaia massa dan kecepatan. Lalu. Siapa yang ingat apa simbolnya massa ? (guru Diam sejenak )
Siswa 1 : m, Bu... (Jawaban kamu benar, Penguatan Verbal)
Guru : Apa satuannya ?
Siswa 2 : kg ....(betul sekali sambil mengacungkan jempol)
Guru    :Ok.. kalau kecepatan apa simbolnya ?
Siswa 3: v, Bu... (Bagus sekali, penguatan verbal)
Guru    : Apa satuannya?
Siswa 4 : m/s ... (benar sekali, sambil tersenyum)
Nah, kalian harus mengingat baik-baik kedua besaran beserta satuannya karena erat kaitannya dengan pelajaran kita hari ini.
Coba perhatikan !
Guru     : Manakah yang lebih besar massanya bola atau batu ? (guru diam sejenak, kemudian menunjuk siswa )
Siswa   : Batu, Bu...
Guru    : Nah, baiklah…  Jika sebuah bola saya lemparkan ke kaca jendela, apakah jendela tersebut akan retak ? (diam sejenak lalu menunjuk siswa).
Siswa   : Mungkin, Bu…
Guru   :Jika bola tersebut saya ganti dengan batu, kemudian saya lemparkan ke kaca    jendela, apakah juga akan retak ? (diam sejenak lalu menunjuk siswa).
Siswa    :Iya, Bu…
Guru    :Nah, manakah yang kerusakannya lebih parah, kaca jendela yang dilempari  bola atau yang dilempari batu ?
Siswa    :Yang dilempar batu, Bu…
(pemusatan pertanyaan)
Guru    : jawaban kamu sudah tepat, Kalau begitu, apakah massa suatu benda memengaruhi besar momentum ? (diam sejenak lalu menunjuk salah seorang siswa).
Siswa   :  Iya, Bu…
Guru    :  Bagus… (memberi penguatan verbal)
                 Ja, di bagaimanakah hubungan antara massa dengan momentum ? (diam sejenak lalu menunjuk siswa)
Siswa    : Massa  momentum (massa berbanding lurus dengan momentum)…….. Bu !
                        m  p
(meminta pandangan siswa lain)
Guru     : Nah, bagaimana dengan yang lain, apakah setuju dengan jawaban temanmu tadi?
Siswa    : Setuju, Bu…
Guru    : Siapa yang bisa mengulangi jawaban temannya ! (diam sejenak lalu menunjuk siswa lain)
Siswa  : Massa  momentum, Bu…….. atau jika massa suatu benda semakin besar, maka semakin besar pula momentum benda tersebut.
Guru      : Iya, Kamu benar sekali... (sambil tersenyum: penguatan nonverbal)
    Yang lain perhatikan dan  ingat itu baik-baik.
     Nah kalau begitu selain massa, apakah ada besaran lain yang memengaruhi momentum  ?
Siswa     :       Tidak tahu, Bu… (bingung)
(menuntun pertanyaan)
Guru     : Baiklah, perhatikan baik-baik ! (pemusatan perhatian)
Jika saya melempar sebuah bola ke arah Kamu, apakah mudah untuk ditangkap ?
Siswa    : Mudah, Bu…
Guru      : Nah, bagaimana jika bola tersebut saya tendang dengan sangat keras, apakah juga mudah untuk ditangkap ?
Siswa     : Sulit, Bu…
(pemusatan pertanyaan)
Guru      :       Nah, kalau begitu apakah ada hubungan antara kecepatan suatu benda dengan momentum benda tersebut? (diam sejenak lalu menunjuk salah seorang siswa)
Siswa    :        Ada, Bu..
(pengaturan pertanyaan pelacak : meminta alasan)
Guru      : Nah, apa alasan kamu ?
Siswa    : Karena, jika kecepatan suatu benda semakin besar maka semakin besar pula momentumnya, atau kecepatan berbanding lurus dengan momentumnya, Bu...
Guru      : Ok.. saya senang sekali mendengar jawaban kamu.  (sambil mengangguk dan tersenyum)

(meminta pandangan siswa lain)
Guru  : Bagaimana dengan yang lain, apakah setuju dengan jawaban temanmu tadi ? (diamsejenak, lalu menunjuk siswa lain).
Siswa  : Setuju, Bu… (menjawab serentak).
Guru   : Kamu, coba ulangi jawaban temanmu tadi ! (menunjuk siswa lain).
Siswa : Jadi, jika suatu benda memiliki kecepatan yang besar, maka momentum benda tersebut juga semakin besar, atau kecepatan berbanding lurus dengan momentum, Bu...
Guru   : Benar sekali jawaban kamu.. (penguatan verbal).
(penyebaran dan pengaturan urutan pertanyaan secara tepat)
Guru       :      Nah, kalau begitu ada berapa faktor yang memengaruhi momentum ? (diam sejenak lalu menunjuk siswa)
Siswa      :      Dua, Bu…
Guru       :      Yang pertama, apa ? (menunjuk siswa)
Siswa     :       massa, Bu…
Guru       :      Yang kedua, apa ? (menunjuk siswa)
Siswa      :      kecepatan, Bu…
Guru       :      Oke.. jawaban kalian sudah tepat.
                        Jadi, sekarang kita dapat dua persamaan, yakni hubungan antara,
·         m  P
·         v  P
Kalian harus catat ini baik-baik !
Nah, dari  persamaan di atas, siapa yang bisa menyebutkan hubungan antara P, m, dan v ? (diam sejenak lalu menunjuk siswa)
Siswa      :      P = mv, Bu…
Guru        :     Bagus.. tepuk tangan untuk temannya !
                        Nah, apakah ada jawaban lain ? (diam sejenak lalu menunjuk siswa lain)
Siswa       :    Tidak ada, Bu...
Guru        :     Jadi, apakah yang lain setuju dengan jawaban temanmu tadi ?
Siswa      :      Setuju, Bu..
(memberi acuan)
Guru       :      Baik, karena Kalian setuju semua, sekarang kita lanjut lagi.    
                        Nah, dari persamaan : P = m.v  kita dapatkan satuannya yaitu kg.m/s
Baik, dari penjelasan tadi, siapa yang bisa menyimpulkan, apa itu momentum ? (diam sejenak lalu menunjuk siswa)
Siswa  : Momentum adalah hasil perkalian antara massa dengan kecepatan, Bu...
Guru    : Bagus, jawaban kamu sudah benar, tapi masih bisa dilengkapi. (menunjuk siswa lain)
Siswa     :  Momentum adalah besaran yang berkaitan dengan benda yang besarnya sama dengan hasil kali antara massa benda yang bergerak itu dengan kecepatan geraknya. Di mana, satuannya adalah   Kg.m/s.
Guru    : Tepat sekali... beri applouse buat teman kalian !
Nah untuk mengukur pengetahuan kalian coba kerjakan contoh soal berikut
Contoh soal :
Sebuah benda memiliki massa 20kg dengan kecepatan 8m/s. Berapakah momentum benda tersebut?
Jawab:                                                
Dik: m= 20kg
       v=8m/s
dit: P =....?
penyelesaian :
P = m.v
  =20kg . 8m/s
  =160 kg.m/s
Meninjau kembali :
Guru : dari penjelasan tadi siapa yang bisa menyebutkan kembali apa yang dimaksud dengan momentum? (guru diam sejenak, kemudian menunjuk salah satu siswa )
Siswa : momentum adalah hasil perkalian antara massa dengan kecepatan, Bu...
Guru : bagus sekali, nach bagaimana persamaan atau rumus dari momentum ? (Guru diam sejenak kemudian menunjuk salah satu siswa )
Siswa : P= m . v
Guru : nah dari semua penjelasan kita hari ini siapa yang bisa merangkum secara keseluruhan dari apoa yang telah dipelajari hari ini? ( guru diam sejenak kemudian menunjuk satu siswa )
Siswa : ............................ ( jawaban kamu sangat bagus beri applouse buiat temannya donk)
Guru : Karena bel telah berbuniy berarti sampai disini dulu pelajaran kita untuk hari ini, tapi sebelum saya keluar kalian harus mengerjakan soal-soal pada hal 20 sebanyak 5 nomor minggu depan dikumpul yach
Nah, sampai di sini apakah Kalian sudah mengerti?
Siswa     :  Alhamdulillah, mengerti,Bu…
Guru : Alhamdulillah, karena Kalian sudah paham, cukup sekian pelajaran Kita pada hari ini, semoga bermanfaaat. InsyaaALLAH Kita bertemu lagi minggu depan ! ok...
WASSALAM


1 komentar: