MOMENTUM
Assalamu’alaikum
warahmatullahi wabarakatuh…
MOTIVASI
:
Guru : Coba perhatikan baik-baik !
Mengapa jika batu yang saya lemparkan ke kaca
jendela, kerusakannya lebih parah daripada jika saya melempar bola ?
Mengapa pula bola yang ditendang dengan sangat keras, lebih sulit ditangkap dari pada bola yang hanya dilempar
?
Apa yang menyebabkan hal tersebut bisa
tersebut bisa terjadi ?
Nah, untuk mengetahuinya mari kita belajar tentang “ momentum ”.
Pernahkah kalian mendengar kata momentum ?
Siswa : Pernah, Bu...
(memberi pertanyaan secara jelas dan singkat)
Guru : Kalau begitu, apa itu momentum ? (Diam sejenak lalu menunjuk salah seorang siswa)
Siswa : Tidak tahu, Bu… (bingung)
( Prasyarat dan menuntun
pertanyaan)
Guru : Pada pelajaran sebelumnya kalian telah
mempelajari mengenaia massa dan kecepatan. Lalu. Siapa yang ingat apa simbolnya
massa ? (guru Diam sejenak )
Siswa 1 : m,
Bu... (Jawaban
kamu benar, Penguatan Verbal)
Guru : Apa
satuannya ?
Siswa 2 : kg ....(betul
sekali sambil mengacungkan jempol)
Guru :Ok.. kalau kecepatan apa simbolnya ?
Siswa 3: v, Bu...
(Bagus sekali,
penguatan verbal)
Guru : Apa satuannya?
Siswa 4 : m/s ...
(benar sekali,
sambil tersenyum)
Nah, kalian harus mengingat baik-baik kedua besaran beserta
satuannya karena erat kaitannya dengan pelajaran kita hari ini.
Coba perhatikan !
Guru : Manakah
yang lebih besar massanya bola atau batu ? (guru diam sejenak, kemudian menunjuk siswa )
Siswa : Batu,
Bu...
Guru : Nah, baiklah… Jika sebuah bola saya lemparkan ke kaca jendela, apakah jendela tersebut akan retak ? (diam
sejenak lalu menunjuk siswa).
Siswa : Mungkin, Bu…
Guru :Jika bola
tersebut saya ganti dengan batu, kemudian saya lemparkan ke kaca jendela, apakah juga akan retak ? (diam
sejenak lalu menunjuk siswa).
Siswa :Iya, Bu…
Guru :Nah, manakah yang kerusakannya lebih parah, kaca jendela yang
dilempari bola atau yang dilempari batu ?
Siswa :Yang dilempar batu, Bu…
(pemusatan
pertanyaan)
Guru : jawaban kamu sudah tepat, Kalau begitu, apakah massa suatu benda memengaruhi besar
momentum ? (diam sejenak lalu menunjuk salah seorang siswa).
Siswa : Iya, Bu…
Guru : Bagus… (memberi penguatan verbal)
Ja,
di bagaimanakah hubungan antara massa
dengan momentum ? (diam sejenak lalu menunjuk siswa)
Siswa : Massa
momentum (massa berbanding lurus dengan momentum)…….. Bu !
m
p
(meminta
pandangan siswa lain)
Guru : Nah, bagaimana dengan yang
lain, apakah setuju dengan jawaban temanmu tadi?
Siswa : Setuju, Bu…
Guru : Siapa
yang bisa mengulangi jawaban
temannya ! (diam
sejenak lalu menunjuk siswa lain)
Siswa : Massa
momentum, Bu…….. atau jika massa suatu benda
semakin besar, maka semakin besar pula momentum benda tersebut.
Guru : Iya, Kamu benar sekali... (sambil tersenyum: penguatan nonverbal)
Yang lain perhatikan dan ingat itu baik-baik.
Nah kalau begitu selain massa, apakah ada
besaran lain yang memengaruhi momentum ?
Siswa : Tidak tahu, Bu… (bingung)
(menuntun
pertanyaan)
Guru : Baiklah, perhatikan baik-baik ! (pemusatan perhatian)
Jika saya melempar sebuah
bola ke arah Kamu, apakah mudah untuk ditangkap ?
Siswa : Mudah, Bu…
Guru : Nah, bagaimana jika bola tersebut saya tendang dengan sangat keras, apakah juga
mudah untuk ditangkap ?
Siswa : Sulit, Bu…
(pemusatan
pertanyaan)
Guru : Nah, kalau begitu apakah ada
hubungan antara kecepatan suatu benda
dengan momentum benda tersebut? (diam sejenak
lalu menunjuk salah seorang siswa)
Siswa : Ada, Bu..
(pengaturan
pertanyaan pelacak : meminta alasan)
Guru : Nah, apa alasan kamu ?
Siswa : Karena, jika
kecepatan suatu benda semakin besar maka semakin besar pula momentumnya, atau kecepatan
berbanding lurus dengan momentumnya,
Bu...
Guru : Ok.. saya senang sekali mendengar
jawaban kamu. (sambil mengangguk dan tersenyum)
(meminta
pandangan siswa lain)
Guru : Bagaimana dengan
yang lain, apakah setuju dengan jawaban temanmu tadi ? (diamsejenak,
lalu menunjuk siswa lain).
Siswa : Setuju, Bu… (menjawab serentak).
Guru : Kamu, coba ulangi jawaban temanmu tadi ! (menunjuk siswa lain).
Siswa : Jadi, jika suatu
benda memiliki kecepatan yang besar, maka momentum benda tersebut juga
semakin besar, atau kecepatan berbanding lurus
dengan momentum, Bu...
Guru : Benar sekali jawaban kamu.. (penguatan
verbal).
(penyebaran dan
pengaturan urutan pertanyaan secara tepat)
Guru : Nah, kalau begitu ada berapa faktor
yang memengaruhi momentum ? (diam sejenak lalu menunjuk siswa)
Siswa : Dua, Bu…
Guru : Yang pertama, apa ? (menunjuk siswa)
Siswa : massa,
Bu…
Guru : Yang kedua, apa ? (menunjuk siswa)
Siswa : kecepatan,
Bu…
Guru : Oke.. jawaban kalian sudah tepat.
Jadi,
sekarang kita
dapat dua persamaan, yakni hubungan antara,
·
m
P
·
v
P
Kalian harus
catat ini baik-baik !
Nah, dari
persamaan di atas, siapa yang bisa menyebutkan hubungan antara P, m, dan
v ? (diam
sejenak lalu menunjuk siswa)
Siswa : P =
mv, Bu…
Guru : Bagus.. tepuk tangan untuk temannya !
Nah, apakah ada jawaban
lain ? (diam
sejenak lalu menunjuk siswa lain)
Siswa : Tidak
ada, Bu...
Guru : Jadi,
apakah yang lain setuju dengan jawaban temanmu tadi ?
Siswa : Setuju,
Bu..
(memberi acuan)
Guru : Baik,
karena Kalian setuju semua, sekarang kita lanjut lagi.
Nah, dari persamaan : P
= m.v kita dapatkan satuannya yaitu
kg.m/s
Baik, dari penjelasan tadi, siapa yang bisa
menyimpulkan, apa itu momentum ? (diam sejenak lalu menunjuk siswa)
Siswa : Momentum adalah hasil perkalian antara
massa dengan kecepatan, Bu...
Guru : Bagus, jawaban kamu sudah benar, tapi
masih bisa dilengkapi. (menunjuk siswa lain)
Siswa : Momentum
adalah besaran yang berkaitan dengan benda yang besarnya sama dengan
hasil kali antara massa benda yang bergerak itu dengan kecepatan geraknya. Di
mana, satuannya adalah Kg.m/s.
Guru : Tepat
sekali... beri applouse buat teman
kalian !
Nah untuk mengukur pengetahuan kalian coba kerjakan
contoh soal berikut
Contoh soal :
Sebuah benda memiliki massa 20kg dengan kecepatan 8m/s.
Berapakah momentum benda tersebut?
Jawab:
Dik: m= 20kg
v=8m/s
dit: P =....?
penyelesaian :
P = m.v
=20kg . 8m/s
=160 kg.m/s
Meninjau kembali :
Guru : dari
penjelasan tadi siapa yang bisa menyebutkan kembali apa yang dimaksud dengan
momentum? (guru diam sejenak, kemudian menunjuk salah satu siswa )
Siswa : momentum adalah hasil perkalian antara massa
dengan kecepatan, Bu...
Guru : bagus
sekali, nach bagaimana persamaan atau rumus dari momentum ? (Guru diam sejenak
kemudian menunjuk salah satu siswa )
Siswa : P= m . v
Guru : nah dari
semua penjelasan kita hari ini siapa yang bisa merangkum secara keseluruhan
dari apoa yang telah dipelajari hari ini? ( guru diam sejenak kemudian menunjuk
satu siswa )
Siswa : ............................
( jawaban kamu sangat bagus beri applouse buiat temannya donk)
Guru : Karena bel
telah berbuniy berarti sampai disini dulu pelajaran kita untuk hari ini, tapi
sebelum saya keluar kalian harus mengerjakan soal-soal pada hal 20 sebanyak 5
nomor minggu depan dikumpul yach
Nah, sampai di
sini apakah Kalian sudah mengerti?
Siswa : Alhamdulillah, mengerti,Bu…
Guru : Alhamdulillah, karena Kalian sudah paham, cukup sekian pelajaran Kita pada hari
ini, semoga bermanfaaat. InsyaaALLAH Kita bertemu lagi minggu depan ! ok...
WASSALAM
bagus sekali kak suka deh
BalasHapuscara membuat member alfamart